03 April 2009

BRISINGR



Ini novel yang baru aja selesai ku baca setelah bergumul dengan tugas-tugas kuliah yang numplek akhirnya bisa menikmati baca niy novel ;P!

Brisingr adalah buku ketiga dari trilogi Warisan yang ditulis oleh Christopher Paolini, buku pertamanya adalah ERAGON kemudian ELDEST (Tapi ternyata gw salah!!! Setelah tak baca sampai akhir masih ada lanjutannya, berarti niy novel bukan trilogi toh???)

Dalam novelnya yang ketiga ini masih menceritakan tentang perjuangan eragon si penunggang naga dengan naganya yang bernama Saphira. masih juga tentang perlawanan kaum varden yang menentang kekuasaan raja kejam bernama Galbatorix.

Dalam novel ini diceritakan Eragon bersama Roran pergi mencari Katrina yang ditawan oleh para Ra'zackemudian ia menikahkan Roran dan Katrina. Eragon juga menepati janjinya untuk menghapuskan kutukan pada elva namun tidak sepenuhnya berhasil. Kemudian ia mengikuti pemilihan raja kurcaci karena raja sebelumnya yaitu Hrothgar telah tewas dalam pertempuran di daratan membara, ia bersama saphira memperbaiki Ishdar Mitrim di Farthen dur saat penobatan Orik menjadi raja kurcaci ke 44.

Setelah ritual penobatan raja kurcaci, eragon dan saphira balik ke Elesmera untuk bertemu dengan gurunya yang juga penunggang naga yaitu Oromis si cacat yang utuh. Oromis memberitahukan bahwa ayah Eragon bukanlah Morzan, melainkan Brom. Setelah Zar'oc diambil oleh saudara tiri Eragon yaitu Murtagh ia berniat membuat pedang baru yang sesuai dengan dirinya untuk itu ia mencoba untuk bertemu Rhunon si pandai besi elf. Eragon tidak mempunyai pedang yang layak untuk seorang penunggang. Maka ia teringat nasehat Solembum (kucing jadi-jadian) bahwa ketika ia membutuhkan senjata ia dapat mencarinya dibawah akar pohon Menoa. Setelah sempat bersitegang dengan penunggu pohon akhirnya eragon mendapatan brightsteel yang digunakan sebagai bahan membuat pedang tersebut, Rhunon-elda membantunya membuat pedang penunggang yang kemudian diberi nama BRISINGR. Pedang ini menyala setiap Eragon menyebut namanya. Hari terakhir Glaedr memberitahukan kelemahan Golbatorix dan rahasia tentang eldunari yaitu jantungnya jantung naga. Eldunari milik Glaedr diserahkan kepada Saphirauntuk membantu mereka melawan galbatorix. Oromis pun memutuskan untuk memperlihatkan diri di depan Golbatorix dan ikut berperang melawannya secara langsung.

Oromis dan Glaedr melawan Murtagh bersama naganya Thorn di Gil'ead, tiba-tiba Galbatorix menampakan diri melalui Murtagh dan membunuh Oromis. Eragon yang saat itu bertarung bersama Arya melawan Shade melihat pembunuhan itu dalam benaknya. Akhirnya Eragon dan Saphira menjadi penunggang terakhir dan sendirian yang harus melawan Golbatorik.

Novel ini masih berlanjut ke bukunya yang ke-empat...
Duwh.. jadi penasaran...

...buku yang membuat saya rela bergadang.
----The Washington Post

Penuh dengan adegan pertempuran seru yang mengombinasikan sihir dan ilmu perang tradisional...
----Children's Literature



Judul: Brisingr
Pengarang : Christopher Paolini
Penerbit edisi Bahasa Indonesia: Gramedia Pustaka Utama

No comments:

Post a Comment